Rapat Koordinasi Cabang dan Rapat Pimpinan IMM Djazman Al-Kindi

Minggu, 18 September 2016 bertempat di Aula Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta sedang berlangsung Rapat Koordinasi Cabang dan Rapat Pimpinan yang diadakan oleh Pimpinan Cabang Djazman Al Kindi Kota Jogja dan Koordinator Komisariat UAD.
Dalam acara ini dihadiri oleh 11 Komisariat di Universitas Ahmad Dahlan (Komisariat Fakultas Psikologi, Komisariat Fakultas Ekonomi, Komisariat Tarbiyah Dirasat Islamiyah, Komisariat Fakultas Hukum, Komisariat Pendidikan Bahasa dan PPKN, Komisariat BK, PGSD, dan PGPAUD, Komisariat Fakultas Sastra Budaya dan Komunikasi, Komisariat Fakultas Farmasi, Komisariat Fakultas Kesehatan Masyarakat, Komisariat Fakultas Teknologi Industri, Komisariat MIPA dan JPMIPA) dan juga Kader IMM UCY (Universitas Cokroaminoto Yogyakarta). Dalam acara ini sekaligus melakukan pengenalan komisariat UCY kepada 11 Komisariat di UAD. Selain itu ada juga Pimpinan Cabang IMM Djazman Al Kindi, Koordinator Komisariat dan Nyi Walidah Institute.
Rakorcab merupakan salah satu agenda kerja bidang organisasi yang diadakan sekali dalam satu periode Pimpinan Cabang Djazman Al Kindi Kota Jogja. Tujuan dalam Rakorcab ini untuk mentransfer hasil Musyawarah Kerja dan Isu sentral yang diangkat oleh PC IMM Djazman Al Kindi. Selain itu juga untuk berkoordinasi dengan jajaran PC dan dibawahnya. Isu sentral yang diangkat PC IMM Djazman Al Kindi ialah pemberdayaan masyarakat yang konsentrasinya dalam pembebasan kaum mustadzafin. Isu tersebut ditransformasikan dalam visi PC IMM Djazman yakni “ Aktualisasi Altruisme Muhammadiyah Sebagai Upaya Pembebasan Akum Mustdzafin Untuk Masyarakat Kota Yogyakarta Yang Berkemajuan “. Visi ini menjadi haluan dari PC IMM Djazman Al Kindi Kota Jogja Periode 2016-2017 yang mengarah pada peningkatan kualitas masyarakat di kota Jogja. Hal ini diakukan dengan menggerakkan masa mahasiswa khususnya kader-kader IMM Djazman Al Kindi dalam peningkatan intelektual, spiritual dan humanitas. Dalam peningkata kualitas tersebut menerapkan tri kompetensi IMM yang seharusnya memang harus dimiliki oleh kader IMM. Selain itu akan mengaktualisasikan wacana yang dibuat dalam waktu dekat seperti pemberdayaan masyarakat seperti advokasi masyarakat kecil.
Selain pembahasan isu sentral dalam Rakorcab, kali ini dibahas mengenai strategi perkaderan yang disampaikan oleh bidang kader cabang Djazman Al Kindi mengenai Pedoman Perkaderan Djazman atau disebut PPD. PPD disusun sesuai dengan SPI yang telah disesuaikan dengan kultur IMM Djazman Al Kindi Kota Jogja. Fungsi PPD disampaikan sebagai pedoman perkaderan yang sebaiknya diterapkan dalam perkaderan komisariat agar perkaderan dikomisariat dapat seragam. Dan juga diharapkan kepada komisariat untuk selalu memperhatikan perkaderan formal yang dilakukan mulai dari persiapan dan pasca perkaderan dengan langkah yang lebih intensif dan matang, juga tercapainya sistem perkaderan yang lebih masif di cabang Djazman Al kindi kota Jogja.
Sedangkan Rapim atau Rapat Pimpinan merupakan suatu forum dari seluruh Pimpinan Komisariat dengan difasilitasi oleh Koordinator komisariat UAD untuk mengoordinasikan dan menyampaikan kebijakan koorkom satu periode kedepan. Koorkom memiliki kebijakan yang sinnergis dengan PC IMM Djazman Al Kindi tentang pembebasan kaum mustadzafin dengan menggencarkan budaya literasi. Hal ini didasarkan pada analisis koorkom bahwa kebanyakan kader IMM memiliki intelektual yang tumpul dan literasi yang rendah. Budaya literasi yang diangkat namun juga membahas mengenai ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu dalam Rapim ini juga disampaikan kebijakan korkom untuk satu periode yakni 1) Menghidupkan gerakan literasi 2) Menggencarkan komunikasi antar Komisariat dengan koorkom terhadap semua agenda yang dilaksanakan oleh koorkom maupun komisariat.
Dalam rapim ini pihak NWI (Nyi Walidah Institute) sebagai lembaga otonom (LO) juga menyampaikan terkait perkenalan dan pemahaman NWI kepada seluruh warga PC IMM Djazman Al Kindi. Mengingat pada periode kemarin NWI hampir vacumdan tahun ini mulai dihidupkan kemabali. Pemahamaan NWI ini bertujuan agar periode kedepan mulai ada generasi-generasi NWI yng lebih baik. Dalam rapim NWI menyampaiakan beberapa pokok, yang pertama mengenai program desa binaan. Desa binaan yang akan dilaksanakan bekerja sama dengan bidang SOSWIR PC IMM Djazman Al Kindi di sanggrahan pamukti, giwangan, umbulharjo. Dalam desa binaan NWI akan lebih memfokuskan pada pendekatan kepada remaja-remaja di dedesa tersebut. Selai itu NWI juga ada tarbiah qurani, tarbiah qurani merupakan tema besar yang diusung NWI. Tema tersebut akan diusung utuk sebaagi saah satu sumber dalam kajian IMM di UAD. NWI juga melakukan kotroling, memberikan materi dan menyediakan pemateri untuk kajian.  
 
Dalam acara ini ketua umum PC IMM Djazman Al Kindi Kota Jogja Nuzulul Purwandana memiliki harapan agar komunikasi antar pimpinan semua elemen di IMM Djazman Al Kindi Kota Jogja selalu berjalan lancar. Apa yang disampaikan dalam acara ini juga dapat dilaksanakan dan diterapkan. Pembangunan sinergisitas perkaderan dan intelektulitas di Djazman sendiri. Dan diharapkan follow up dari kegiatan ini adalah adanya beberapa agenda yang dilakukan bersama dari seluruh elemem IMM di UAD seperti Milad IMM dan aktivitas gerakan sosial di desa binaan.

Bidang Medkom PC IMM Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta

Diposkan dalam Tak Berkategori. Markahi permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: