Pahlawan Adalah Kamu


Oleh : M Saiful Hadi

     Menemukan pahlawan bukanlah perkara mudah. Di tengah situasi negara yang carut marut dengan berbagai persoalannya, kita seperti sekelompok orang yang putus asa tanpa harapan. Berbagai masalah yang membelit mulai dari korupsi, penyimpangan hukum, mahalnya Pendidikan, kelaparan, pelayanan kesehatan yang memprihatinkan, sampai pada elit politik yang saling berseteru membuat kita seakan hidup dalam sebuah negeri tanpa harapan. Seperti berjalan di gurun yang tandus, kita berharap menemukan oase yang dapat mengisi kekeringan, memberikan sedikit harapan untuk hidup yan lebih baik menurut penilaian kita, orang-orang yang dapat memberikan pengharapan bahwa kehidupan kita akan membaik. Harapan bahwa di negara ini masih ada orang orang peka dan mau peduli kepada sesama.

Para pahlawan itu hanyalah orang biasa dan tidak dikenal. Namun, perbuatan mereka untuk sesama menembus batas ketidakmampuannya. Hal inilah yang menjadikan mereka seperti oase di tengah gurun. Kehadiran mereka memberikan sedikit harapan bahwa di tengah lilitan berbagai masalah yang dihadapi negeri ini masih ada orang baik yang peduli pada sekitarnya. Mereka yang kemudian meljelma menjadi oase. Saat semua orang, termasuk para petinggi negeri ini saling berseteru masih ada segelintir yang berbuat nyata tanpa menghiraukan gelar ataupun popularitas. Merekalah pahlawan sebenarnya.

Pahlawan masa kini, Pahlawan bukan hanya mereka yang bersenjata, bukan mereka yang hanya beretorika, dan bukan hanya mereka yang tangguh dan kekar. Akan tetapi, para generasi muda cerdas dan memperjuangkan serta membela harkat dan martabat negara adalah salah satu bentuk dari reinkernasi patriotisme dari para Pahlawan terdahulu. Hal-hal kecil dapat dilakukan untuk menjadi seorang pahlawan. Perlu niat baik dan tekad yang kuat untuk memperjuangkan kebenaran. Setelah itu, memberikan yang terbaik yang bisa untuk mewujudkan hal tersebut. Seperti seniman yang mewujudkan Indonesia melalui karyanya yang mendunia. Hobi membaca yang disalurkan kepada keluarga dan sahabat pun bisa menjadikan seorang pahlawan untuk menyebarkan minat baca di Indonesia.

Anda adalah generasi muda yang akan memimpin masa depan bangsa, karena di masa depanlah sejarah yang diciptakan di masa kini  akan membimbing anda menjadi seorang pahlawan baru. Oleh karena itu jadilah seorang pahlawan yang tidak cukup hanya sekedar mengidolakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: