Bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat PC IMM Djazman Al Kindi Upayakan Optimalisasi LSO.

Sospem, pada periode kepemimpinan tahun ini, bidang sosial pemberdayaan masyarakat atau disingkat sospem PC IMM Djazman Al Kindi kota Yogyakarta menginisiasi dan mengupayakan terciptanya ranah gerak dari Lembaga Semi Otonom yang sudah digagas oleh pimpinan cabang periode lalu, adalah RDS yang merupakan lembaga semi otonom dari bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat PC IMM Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta. RDS sendiri merupakan akronim dari Relawan Djazman Siaga, RDS berdiri sejak 30 September 2016. Pada awalnya RDS dibentuk atas analisis kasus kebutuhan lingkungan yakni semakin tingginya persentase terjadinya bencana di Indonesia. Selain itu tujuan di bentuknya RDS adalah untuk mengkoordinir langkah penanggulangan bencana dilingkup Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta. Pada periode kepemimpinan cabang IMM Djazman Al Kindi 2017/2018, RDS dimodifikasi dengan menambahkan satu tujuan yakni mengkoordinir sistem pemberdayaan masyarakat di desa dampingan PC IMM Djazman Al Kindi.

RDS akan menjadi perpanjangan tangan bidang Sospem dalam merealisasikan program kerjanya. Tidak hanya sebatas itu, karena dinamakan relawan, maka harus siap berkontribusi dalam menyikapi kondisi sosial yang ada. RDS untuk periode ini akan dibagi menjadi dua fungsi tugas, yakni fokus pada tanggap kebencanaan dan fokus pada tanggap isu sosial. Relawan kebencanaan fokusnya menitikberatkan pada antisipasi bencana, tanggap darurat, dan pasca bencana. Selanjutnya relawan pemberdayaan fokus pada assessment problematika lingkungan masyarakat dan berperan dalam pemberdayaan masyarakat.

Ditemui 12/11/17 pada rapat internal bidang sospem di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kota Yogyakarta, Irfan, Afrilia, Dwi Puji selaku pimpinan bidang sospem memiliki harapan kepada kontribusi nyata dari relawan-relawan yang akan memiliki kemampuan mengoptimalkan progam kerja dari bidang. Selain itu implementasi langsung dari humanitas seorang Kader IMM dapat dimaksimalkan disini. Merujuk pada Al Maun dan tujuan Muhammadiyah. [Medkom]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: