Mencerahkan! PC IMM Djazman Al Kindi Menyelenggarakan Pendidikan Politik Kader

       Yogyakarta, 12-14/04/2018. PC IMM Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Politik dengan tema Membangun Kesadaran Politik Kader. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 12 April 2018 sampai Sabtu, 14 April 2018. Kegiatan ini dilatarbelakangi dari permasalahan perpolitikan yang hangat diperbincangkan publik dan media masa. Politik tidak pernah redam menjadi bahasan aktivis maupun organisasi gerakan mahasiswa lainnya dalam setiap sesi diskusi, seminar, maupun kajian lainnya. Sangat kompleksitas polemik perpolitikan yang bersentuhan dengan pergerakan mahasiswa dan masyarakat pada umumnya.

      Pendidikan politik ini merupakan suatu program kerja yang dirancang oleh bidang Hikmah Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiayah IMM Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta periode 2017-2018, dan memiliki tujuana sebagai sarana pembelajaran bagi kalangan aktivis dan akademisi muda  Mahasiswa  khususnya kader ortom Muhammadiyah yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah IMM. Disamping itu perlu adanya penguatan karakter generasi muda dalam pergerakan di bidang politik dan kebangsaan serta memberikan edukasi perpolitikan  yang baik kepada kader ikatan dan yang terakhir adalah harapan agar kader mampu memahami politik  yang bermartabat dan memiliki wawasan luas.

      Kegiatan ini diikuti oleh kader dari PC IMM Djazman Al Kindi kota Yogyakarta dan juga kader dari luar IMM Yogyakarta. Adapun materi yang disampaikan antara lain Politik Antar Gerakan oleh Bapak Edwar Bot, Peran Kader IMM dalam Politik Negara oleh Bapak Nurul Satria Abdi, SH., MH., Politik Muhammadiyah oleh Bapak H. Asad Kusumajaya, Peran Media Masa dalam Politik Kebangsan oleh IMMawan Nuzulul Purwandana, Demokrasi dan partai Politik oleh Bapak Sandro Andriawan SH., Politik Kebangsaan dalam Prespektif Islam oleh Bapak Lilik Raharjo S.Pd, Perbandingan Politik Indonesia dan Luar negri oleh Bapak Muhammad Fajru Sodik S.Ip, dan Sejarah Politik di Indonesia oleh Bapak Suyoto S.IP.

     Ketua bidang Hikmah PC IMM Djazman Al Kindi Yogyakarta IMMawan Sujadi menuturkan “Di Indonesia hari ini kondisi perpolitikan tidak dapat kita hindari, oleh karenanya dibutuhkan kesadaran politik kader IMM sendiri yang mampu berinteraksi dalam politik itu sendiri. Dengan maraknya isu perpolitikan yang memenuhi informasi dan ruang gerak itu, maka kader IMM perlu ikut andil dalam persoalan perpolitikan yang ada. Selain bersinggungan dengan wacana Pimpinan Cabang Djazman Al Kindi periode 2017-2018, pemahaman akan kebijakan tersebut menjadi kebutuhan oleh para aktivis khususnya kader IMM dalam mengasah kepekaan analisisnya terhadap perpolitikan di sektor kehidupan berbangsa dan bernegara” pungkasnya.

       Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Yogyakarta Bapak H. Asad Kusumajaya  berpesan kepada para peserta bahwa Muhammadiyah memandang Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Darul ‘Ahdi wa Syahadah. Muhammadiyah melihat bahwa Indonesia merupakan negara sebagai hasil konsensus dari sekian komponen kemajemukan bangsa Indonesia sekaligus negara tempat pembuktian serta kesaksian. Perspektif modernis-reformis seperti yang dikembangkan Muhammadiyah, Islam mengandung nilai-nilai ajaran tentang politik, ekonomi, dan lain-lain yang bersifat nilai pokok, etika/akhlaq yang perwujudannya diserahkan ijtihad ummat. Sehingga diharapkan setiap kader muhammadiyah kususnya IMM mampu menyikapi setiap fenomena secara ideal dengan cara bijak dan proporsional, tidak terkecuali perihal politik dan ketika melakukan sesuatu maka harus fokus terhadap tujuan sebagaimana kita melakukan adalah dalam rangka berfastabiqul khoirot untuk mewujudkan Indonesia yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur. [GF]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: