ALIANSI PEDULI UMAT GELAR AKSI GALANG DANA UNTUK KORBAN GEMPA PALU DAN DONGGALA 

YOGYAKARTA – Jum’at (28/9/2018), bencana gempa bumi dan tsunami melanda Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Bencana ini menyisakan duka yang mendalam bagi warga yang terdampak. Hingga, Minggu sore (7/10/2018), BNPB mencatat gempa berkekuatan 7,4 SR dengan kedalaman 10 km ini menyebabkan 1.558 jiwa meninggal dunia, 2.549 jiwa luka-luka, 65.773 rumah rusak, 113 jiwa hilang, 152 jiwa tertimbun dan 70.821 jiwa mengungsi di 147 titik pengungsian.

Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Peduli Umat menggelar galang dana untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala dan sekitarnya. Aliansi Peduli Umat ini merupakan iniasi dari Pimpinan Cabang IMM Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan, Sahabat Dakwah, Korkom IMM UAD, IMM UAD, IMM UCY, IMM Surya Global, Tapak Suci UAD, dan HW UAD. Pada aksi kali ini, KKN Anak Bangsa 4 dan seluruh Ormawa UAD turut andil dalam aksi penggalangan dana. Ini merupakan kali kedua Aliansi Peduli Umat menyelenggarakan aksi galang dana. Sebelumnya, aliansi ini telah mengadakan aksi galang dana bagi korban gempa bumi di Lombok Timur.

Galang dana diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 7-8 Oktober 2018 di 5 titik lokasi antara lain Perempatan Giwangan, Perempatan Jalan Imogiri Timur, Perempatan Kotagede, Blok O, dan Jalan Janti. Pada Minggu (7/10/2018) aksi galang dana ini diawali dengan shalat Ashar berjama’ah di Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan yang kemudian dilanjutkan dengan briefing yang dilaksanakan di Parkiran Kampus 4 UAD.

Selanjutnya, massa Aliansi Peduli Umat yang berjumlah kurang lebih 90 mahasiswa ini menuju lokasi masing-masing sesuai dengan pembagian tugas untuk melaksanakan galang dana. Tak hanya sekedar meminta sumbangan dengan cara menyodorkan kardus donasi, mahasiswa-mahasiswa ini juga melakukan orasi, bernyanyi, serta berpuisi dengan harapan dapat mengetuk hati masyarakat khususnya pengemudi yang lalu lalang di lokasi penggalangan dana. Galang dana hari pertama, diakhiri pada pukul 20.00 WIB dengan semua mahasiswa kembali berkumpul di Parkiran Kampus 4 UAD untuk melakukan penghitungan hasil galang dana. Penghitungan hasil galang dana berlangsung hingga pukul 22.05 WIB dengan perolehan hasil senilai Rp 22.000.000,00.

Di hari kedua (8/10/2018), penggalangan dana dilakukan dengan teknis dan lokasi yang sama. Hasil galang dana yang diperoleh di hari kedua senilai Rp 22.021.000,00. Sehingga, total keseluruhan dana yang terkumpul senilai Rp 44.021.000,00. Seluruh dana yang diperoleh disalurkan melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta untuk selanjutnya segera didistribusikan ke Palu, Donggala dan sekitarnya.

“Semoga dengan diadakannya aksi peduli ini, dapat membantu saudara kita di Palu, Donggala dan sekitarnya. Serta harapannya, Aliansi Peduli Umat dapat terus menghadirkan kebermanfaatan bagi masyarakat.” kata Immawati Marisa selaku Ketua Bidang Sospem PC IMM Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta. (RF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: