HASIL DISKUSI MAKLUMAT BIDANG KADER DPP IMM

Bersama IMMawan Fazlur Rahman (Ketua Bidang Kader DPP IMM)

Perkaderan merupakan hal yang sangat penting didalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Ditengah situasi pandemi ini, DPP IMM mengeluarkan maklumat mengenai jalannya perkaderan selama masa – masa pandemi ini. Didalamnya  diberitahukan kepada seluruh level pimpinan untuk tidak melaksanakan perkaderan utama secara online dan sebagai gantinya diisi dengan perkaderan pendukung secara online. Melihat situasi perkembangan virus covid19 ini tentunya kita bertanya tanya akan sampai kapan situasi ini terus berlanjut dan harus seperti apakah strategi perkaderan yang perlu diterapkan dilapangan.

 

Didalam menjalankan suatu perkaderan, sangat penting untung dipahami bahwa perkaderan bukan hanya sekedar transformasi ilmu, tudak hanya sebatas kognitif saja Namun, perlu diingat juga mengenai pentingnya suatu transfer nilai yang kepada kader kader di masa pandemi seperti ini yg menjadi kebutuhan spiritual sehari-hari. Perkaderan haruslah target oriented bukan materi oriented.

 

Dengan adanya pandemi ini, tentunya aktivitas perkaderan seperti biasanya akan sulit untuk dilaksanakan. Oleh karena itu penting sekali menerapkan strategi yang tepat agar perkaderan tersebut tidak terkesan kehilangan arah apalagi tidak berjalan sama sekali.

 

Salah satu nilai perkaderan yang sangat ini perlu untuk segera kita pecahakan ialah bagaimana tetap menjaga proses ideologisasi terhadap kader kader yang ada. Mengingat proses ideologisasi adalah hal sangat penting didalam gerakan IMM itu sendiri.

 

Saat ini bisa dikatakan adalah “masa pancaroba” didalam perkaderan IMM. Sangat sulit sekali untuk mengambil keputusan terkait bagaimana kita harus bertindak sehingga walaupun ditengah pandemi IMM tetap mampu mencetak kader – kader yang berkualitas. Perlu ada sinergisitas yang kuat antara tiap pimpinan dan juga instruktur ditiap levelnya.

 

Kemudian langkah – langkah teknis yang tepat juga diperlukan dalam menghantarkan nilai nilai perkaderan. Meskipun saat ini tidak banyak pilihan yang bisa digunakan untuk.

 

Dengan kondisi sekarang yang mana perkaderan utama maupun khusus tidak bisa dilaksanakan. Maka perlu kita perbanyak dengan perkaderan pendukung agar walaupun tidak adanay tatap muka dengan kader namun nilai nilai yang ingin diberikan kepada kader tetap bisa tersampaikan.

 

Karena perkaderan sangat penting didalam IMM maka harus tetap fokus menjaga perkaderan yaitu menjaga keidealisasian perkaderan. Perkaderan mengenai ritme/alur /fase, bagaimana perkaderan diselesaikan secara baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: