Mengapa Harus Ber IMM

Oleh:

IMMawati Wulan Sapitri (Komisariat PBII)

Dalam era sekarang banyak mahasiswa-mahasiswa yang kurang teertarik dengan hal yang berbau agama. Karena mereka beranggapan bahwa nanti kalo masuk kedalam suatu organisasi yang berbau agama mereka akan di bilang “ ah nanti kalo masuk sana kamu akan bercadar loh” mungkin selain kata itu kita sering mendegar juga kata “malas ah nanti masuk sana jadi agama-an banget bisa-bisa dibilang teroris”. Dari kata-kata yang sering kita dengar tersebut dapat membuat kita jadi tidak tertarik dengan organisasi yang berbau keagamaan. Padahal, organisasi yang paling penting itu ialah membentuk ahlak yang baik yaitu dengan cara berorganisasi yang mengarahkan pada pembentukan ahlak tersebut yang lebih menekankan kepada nilai religius agar kita dapat menyeimbangi anatar dunia dan akherat, tidak hanya mengejar atau mempelajari dunia saja. Maka dari itu kita butuh bergabung atau mengikuti organisasi yang didalamnya mengajarkan tentang agama berdasarkan ajaran Rasullulah SAW. Untuk memperkokoh pemahaman tentang organisasi yang berbau keagamaan dan tidak di salah pahami lagi karena organisasi yang berbau keagamaan tidak hanya menekankan tentang agama tetapi juga banyak hal lainnya seperti tentang kesenian kebersamaan selain itu juga kita dapat beajar dan memperoleh pengalaman. Maka dari itu untuk lebih mengenal apa itu organisasi yang berbau keagamaan maka dibuatlah penelitian ini agar bisa bermanfaat bagi pembacanya. Organisasi yang berbau keagamaan yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah organisai Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Kelahiran IMM tidak lepas kaitannya dengan sejarah perjalanan Muhammadiyah, dan juga bisa dianggap sejalan dengan faktor kelahiran Muhammadiyah itu sendiri. Hal ini berarti bahwa setiap hal yang dilakukan Muhammadiyah merupakan perwujudan dari keinginan Muhammadiyah untuk memenuhi cita-cita sesuai dengan kehendak Muhammadiyah dilahirkan. Jadi apa itu IMM? IMM merupakan singkatan dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. IMM merupakan salah satu gerakan mahasiswa Islam yang bergerak di bidang keagamaan, kemasyarakatan, dan kemahasiswaan. Tujuan IMM adalah mengusahakan terbentuknya akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah. IMM merupakan salah satu organisasi otonom (ortom) di universitas Ahmad Dahlan. Dimana Ahmad Dahlan ini sendiri merupakan tokoh pendiri muhammadiyah. IMM yang ada didalam univeristas ahmad dahlan ini sendiri merupakan pergerakan yang akan membawa para kadernya lebih mengenal islam melalui gerakan muhammadiyah yang berfokus pada ajaran yang diajarkan atau di implementasikannya merupakan ajaran sesuai dengan AL-Qur’an dan As-Sunnah.

Di dalam organisasi IMM lebih menekankan kearah ajaran islam. Ajaran islam ini biasanya diterapkan didalam Pendidikan. Jadi pendidikan Islam adalah proses internalisasi dan penanaman adab pada diri manusia sejalan dengan organisasi IMM. Sehingga muatan substansial yang terjadi dalam kegiatan pendidikan Islam adalah interaksi yang menanamkan adab. Seperti yang diungkapkan al-Attas, bahwa pengajaran dan proses mempelajari ketrampilan betapa pun ilmiahnya tidak dapat diartikan sebagai pendidikan bilamana di dalamnya tidak ditanamkan ‘sesuatu’. Pendidikan merupakan pilar utama untuk menanamkan adab pada diri manusia, agar berhasil dalam hidupnya, baik di dunia ini maupun di akhirat. Pendidikan Islam dimaksudkan sebagai sebuah wahana penting untuk penanaman ilmu pengetahuan yang memiliki kegunaan pragmatis dengan kehidupan masyarakat. Karena itu, menurut al-Attas, antara ilmu, amal dan adab merupakan satu kesatuan (entitas) yang utuh. Jadi, IMM bergerak juga bergerak pada bidang pendidikan.

Dalam IMM kita akan diperkenalkan dengan istilah pengkaderan. Dimana pengkaderan ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk lebih memahami apa itu IMM dan lebih mendalami agama Islam. Perkaderan meregenerasi personal dalam mewujudkan tujuan organisasi dan melanjutkan estafet kepemimpinan. Perkaderan IMM memiliki tanggung jawab dalam ranah keagamaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan. Ranah perkaderan IMM ini yang disebut dengan istilah Tri Kompetensi Dasar (Religiusitas, Intelektualias dan Humanitas). Sesuai dengan ruang lingkup mahasiswa, perkaderan IMM lebih diarahkan pada menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kapasitas mumpuni di bidang akademik.

IMM memiliki tujuan untuk membentuk akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah. Berdasarkan tujuan IMM tersebut selain menjadi organisasi kader, IMM juga sebagai organisasi Islam dan organisasi pergerakan. IMM sebagai organisasi Islam mengemban amanah dakwah Islam dalam lingkup mahasiswa dan masyarakat luas. IMM sebagai organisasi pergerakan, memiliki tugas dalam pemberdayaan masyarakat dan mencerdaskan masyarakat. Sebagai akademisi, pemberdayaan masyarakat ditekankan pada ranah keilmuan. Pencerdasan masyarakat melalui pendidikan Islam dalam IMM termanifesto dalam perkaderan  intelektual. Hal ini didasarkan pada falsafah perkaderan IMM yaitu mengembangkan nilai nilai agama, paedagogi – kritis dan hikmah untuk mewujudkan gerakan IMM sebagai gerakan intelektual.

IMM dalam ruang lingkupnya yaitu bergerak pada bidang kemahasiswaan. Dimana IMM dalam gerakan kemahasiswaan ini memiliki tempat atau sebutan sendiri yaitu komisariat. Komisariat adalah tempat berkumpulnya atau tempat para kadernya untuk mrnjalankan kerjanya agar organisasi ini tetap berjalan. Komisariat memandang berorganisasi dapat menumbuhkan sikap percaya diri, rasa tanggungjawab, menunjukkan jati diri dan kepribadian, memperluas wawasan dan pengetahuan, dan melatih jiwa untuk saling kerja sama antar kawan.

Dalam rananya IMM adalah organisasi yang bergerak pada bidang keagamaan. Dapat kita katakan bahwa kenapa harus ber-IMM. Sudah dijelaskan diatas tujuan dari organisasi IMM ini adalah membentuk akademisi islam yang sebenarnya. Jadi kita tidak hanya berorganisasi saja kita juga dapat mendalami islam dan mengenal islam sebenarnya. Bagi kita yang belum mungkin ingin belajar mengetahui ebih banyak tentang islam maka organisasi inilah yang paling tepat dengan tujuannya yang sangat jelas dan ranah kegiatan yang dilakukan da pergerakannya dalam segalah aspek tidak hanya pendidikan tetapi juga dalam keidupan masyarakat jadi disini kita dapat belajar dan dapat mengajarkan kembali ilmu yang kita dapat dari berorganisasi ini.

IMM merupakan salah satu  gerakan mahasiswa Islam yang bergerak di bidang keagamaan, kemasyarakatan, dan kemahasiswaan. Tujuan IMM adalah mengusahakan terbentuknya akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah.

Dalam organisasi IMM kita dapat belajar dan menumbuhkan solidaritas agar sebagai sesama manusia dan kita dapat mempelajari tentang ilmu keagamaan yang lebih banyak dengan masuk kedalam organisasi ini. Mungkin yang dapat saya sampaikan kenapa harus ber-IMM karen dalam IMM kita dapat mempelajari sesuatu yang mungkin dulunya kita tidak ketahui menjadi tahu. Dalam segala pengambilan keputusan itu dilakukan secara musyawarah, jadi dalam hal ini sudah dapat kita belajar bagaimana menghargai pendapat orang lain.

 

Referensi:

Lestari, Muflihah Dwi. Perkaderan Intelektual Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo. Jurnal tajdida. Vol.15. No. 1. Juni 2017.

Ubay.(2017). IMM Tekankan Pentingnya Organisasi Bagi Mahasiswa. Diakses di berita muhammadiyah. Diambil dari

http://www.umm.ac.id/id/muhammadiyah/11843.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: